Friday, May 06, 2011

Fenomena Alam yang Luar Biasa part 2

  • Awan Noctilucent
 
Awan Noctilucent adalah awan yang sangat tinggi secara atmosfir yang membiaskan cahaya pada senja ketika matahari telah tenggelam, mengiluminasi/menyinari langit dengan sumber cahaya yang tak tampak. Awan ini terbentuk dari kristal es yang kurang lebih memiliki diameter 100 nanometer dan terletak sekitar 76-85 kilometer di mesosphere
  • Aurora Borealis
 
Aurora Borealis adalah partikel bermuatan listrik dari matahari yang telah mencapai bagian teratas atmosfer bumi dan menjadi sangat aktif. Aurora biasanya sering terlihat di daerah dekat kutub dan pada waktu dimana siang dan malam sama panjang. Aurora borealis adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).
  • Pilar Matahari
 
Pilar Matahari timbul ketika matahari yang tenggelam memantulkan tinggi awan es pada lapisan yang berbeda. hal ini menghasilkan pilar cahaya yang tinggi menjulang hingga ke langit. sangat mungkin juga unutk menyaksikan moon pilar atau pilar bulan.
  • Angin Katabatic

Angin Katabatic berasal dari kata Yunani 'katabatikos', yang berarti akan menurun, katabatic ialah angin yang membawa udara dengan kepadatan yang tinggi dari ketinggian yang tinggi pula,lalu menuruni lereng di bawah tekanan gaya gravitasi, kadang-kadang angin ini bisa mencapai kecepatan angin topan. Angin Katabatic adalah angin yang membawa udara padat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah karena gravitasi.Katabatic winds dikenal secara lokal sebagai santa ana (california selatan), mistral (mediterania), Bora (laut adriatic) Oroshi (jepang), Pitaraq(greenland), dan wailliwaw (tierra del fuego). Williwaw dan angin yang bergerak di atas antartika biasanya berbahaya, bertiup dengan kecepatan 100 knot.

Keren-keren kann.... kapan yakk Qt bisa liat femonena kayak gitu di Indonesia?

No comments:

Post a Comment