Friday, May 06, 2011

Fenomena Alam yang Luar Biasa

Huwaaa.... pasti keren dah fenomena na. Jelas lahh... orang dah dibilang Luar Biasa.
  • Super Moon
atau yang bisa disebut lunar perigee adalah suatu fenomena dimana bulan akan berada pada posisi terdekat dangan bumi, hal ini akan membuat bulan terlihat lebih besar dari biasanya. Kalou cuaca nga mendung and sikon mendukung, Qt bisa liat tuh Super Moon. Tapi, ada beberapa astronom yang bilang kalou Super Moon juga bisa mempengaruhi iklim di Bumi and memungkinkan bakal terjadi bencana alam, such as Earthquake. Pada saat itu memang laut akan mengalami pasang yang lebih tinggi and surut yang lebih rendah. Coz dimungkinkan ada korelasi antara gempa bumi berskala besar di dekat katulistiwa dan Bulan - kala baru, atau purnama.
  • Moonbow
Moonbow ini jarang ditemuin lohhh. Fenomena ini terjadi ketika bulan berada pada titik rendah (kurang dari 42 derajat di atas langit) dan ada hujan yang berlawanan dengan bulan. Bulan memang benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri, bulan hanya “meneruskan” cahaya dari matahari. Bila pelangi siang hari terjadi karena pembiasan cahaya matahari, maka pelangi yang terjadi malam hari disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan. Agak sulit sebener na buat ngelian Moonbow ini, coz biasa na mata agak sulit melihat perbedaan warna yang tampil pada moonbow, biasa na terlalu lemah untuk merangsang reseptor kerucut warna di mata manusia, sehingga moonbow sering nampak sebagai warna putih. Beberapa tempat di dunia sering menampilkan moonbow, salah satunya di air terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, and then air terjun Cumberland, dekat Corbin, Kentucky di Amerika Serikat juga sering dilaporkan terlihat moonbow disana.

  • Fatamorgana
  
Fatamorgana ini adalah sebuah fenomena unik. Ini sebener na pantulan langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin. Jadi kayak terbentuk bayangan Kata fatamorgana diambil dari bahasa Italia. Pada mulanya adalah nama saudari Raja Arthur, Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah-ubah rupa.

No comments:

Post a Comment