Friday, March 04, 2011

Keajaiban Dunia

Pada nyangka nga kalau di dunia ini tu buanyak banget hal-hal mungkin kalao di liat sekilas nga logis. Tapi percaya lah, ternyata ada kejadian unik.

  • Death Valley
Batu ini bisa berpindah-pindah sendiri sepanjang waktu. Ada dua teori tentang pergerakan batu ini,
Yang pertama mengatakan, penyebabnya adalah lapisan es tipis di atas permukaan tanah. Yang kedua yakin penyebabnya kelembaban dan angin.

  • Ice Circle
Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin. Bentuknya menyerupai piringan raksasa yang terdiri dari es dan berotasi secara lambat di permukaan air.

  • Striped Iceberg

Gunung es di daerah Antartika kadang-kadang memiliki garis yang dibentuk oleh lapisan salju yang bereaksi dalam kondisi yang berbeda. garis biru sering dibuat ketika celah di lapisan es diisi dengan perpaduan dari air membeku sangat cepat sehingga tidak ada bentuk gelembung.
Ketika gunung es jatuh ke laut, lapisan air laut asin dapat membekukan bagian bawah. Jika ini kaya alga, dapat membentuk garis hijau. Coklat, hitam dan kuning adalah warna garis yang disebabkan oleh sedimen dikumpulkan saat mengisap es turun ke laut.

  • Awan Mammatus
Awan ini berbentuk seperti kantung yang bergantungan di dasar awan. Awan ini terbentuk dari partikel es, dan masing-masing kantung dapat bertahan dalam bentuk yang sama antara lima sampai sepuluh menit. Bentuk awan seperti ini pada umumnya akan menjadi tanda adanya badai atau sistem cuaca berbahaya yang lain.
  • Lubang Bahama
Lubang biru adalah biasanya berbentuk lingkaran, berdinding curam, dan dinamai dari warna birunya yang lebih tua dari perairan sekitarnya karena lebih dangkal. Sirkulasi air lubang biru yang kurang sehingga miskin oksigen, dan umumnya anoksik ada di kedalaman tertentu sehingga tidak dapat mendukung kehidupan, kecuali sejumlah besar bakteri.
Lubang biru terdalam di dunia sedalam 202 meter (663 kaki) yaitu Dean's Blue Hole, yang terletak di bay west di Clarence Town di Long Island, Bahama.

  • Kolom Basal / Causeway
Pada pendinginan, aliran lava tebal dibuat di sebuah sudut vertikal terhadap arah arus, menghasilkan sosok geometris aneh. Ini adalah proses yang menghasilkan kolom basaltik bentuk heksagonal biasa dan kesempurnaan hampir buatan. Di antara yang paling terkenal adalah “Giant’s Causeway di Irlandia dan” Devil’s Tower “di AS, tetapi tidak mengurangi dari” Bodies “di pulau La Gomera di Kepulauan Canary.

  • Rainbow Fire
Istilah “pelangi kebakaran” benar-benar menyesatkan; istilah yang benar adalah busur circumhorizon. Ini pada dasarnya merupakan halo terbentuk oleh kristal es yang terletak sangat tinggi, di awan cirrus. Flamboyan raksasa yang menampilkan warna warna indah ini tidak benar-benar langka seperti yang Anda bayangkan, dan beberapa sering muncul tergantung pada lokasi, dan terutama lintang. Sebagai contoh, di Amerika Serikat dapat dilihat beberapa kali pada musim panas di setiap tahun di tempat yang sama, tetapi di Pusat atau Eropa Utara itu sangat langka.

No comments:

Post a Comment