Saturday, June 16, 2012

Yesung, Penyanyi yang punya Suara Artistik


Saat ditanya "siapa salah satu member Super Junior yang punya suara bagus?" pasti Yesung termasuk yang disebut. Nama Yesung bisa diartikan "art-like voice" atau "suara berseni". Nama itu diambil dari frase "yesulga wi sungdae" yang berarti "paduan suara dari seorang seniman". Sama seperti namanya, Yesung memiliki suara artistik. Saat mendengar suaranya indahnya, semua orang pasti akan langsung suka padanya. Yesung tidak hanya pintar menyanyi, tapi juga aktif dalam berbagai variety show di TV dan berakting dalam drama Musikal.Kini, ayo kita kembali ke masa-masa saat Yesung masih menjadi trainee (orang yang berlatih sesuatu).

Yesung yang bernama asli Kim Jong Woon ini sudah menyukai lagu dan musik sejak kecil. Awalnya, kedua orangtua Yesung tidak terlalu setuju dengan impiannya menjadi penyanyi. Tapi, lama kelamaan meliahat tekad bulat si anak, akhirnya kedua orangtuanya Yesung pun luluh juga.Kali pertama kali akan ikut audisi, Yesung gak berani mengungkapkan keinginannya itu pada sang ayah karena takut dimarahi. Ia pun berinisiatif kalau nantinya dia lolos audisi, ia tidak mengatakan apa-apa pada kedua orangtuanya. Lalu, tanpa sepengetahuan mereka (ortu Yesung), Yesung ikut audisi di kantor S.M. Entartaiment di Seoul. Dalam audisi itu, Yesung menunjukan segenap kemampuan yang dimilikinya dan berhasil lolos. Ia lolos bersama Jaejong yang dulu anggota DBSK.

Walau sangat senang dengan keberhasilannya, perjalanan Yesung meraih impiannya masih sangat jau dan penuh perjuangan. Rumahnya yang berada di daerah Cheonan jaraknya sangat jauh dari tempat latihan. Jadi, Yesung harus rela bolak-balik menempun perjalanan Cheonan-Seoul demi bisa latihan. Sebagai teman bersama trainee, Yunho DBSK tau sekali bagaimana susahnya Yesung saat pulang dan pergi latihan. Yunho dan Yesung pun kadang-kadang pulang bersama dengan naik kereta dari Seoul. Saat itulah, keduanya bisa saling bertukar pikiran dan menyemangati satu sama lain.Pernah suatu waktu, Yesung mengajak Yunho mampir ke sebuah kedai dan membeli bir sebelum naik kereta. Awalnya, Yunho menolak. Mungkin, karena waktu itu ia masih siswa SMA dan di-didik oleh Ayahnya untuk tidak minum. Namun, Yesung terus membujuknya dan berkata, " Nggak apa-apa, kau sudah terlihat dewasa, kok!" Akhirnya, Yunho mau minum juga. Setelah itu, mereka malah tertidur di kereta karena mabuk berat. Saat terbangun, mereka turun di stasiun yang salah. Seharusnya Yesung dan Yunho turun saat kereta berhenti di stasiun Cheonan, tapi mereka malah turun di stasiun Daejong. Karena itu kereta terakhir, mereka enggak bisa pulang. Karena takut dimarahi, Yesung akhirnya menghubungi sang ayah dan mengatakan kalau dia akan menginap dirumah teman. Sambil gemetaran karena kedinginan, Yesung dan Yunho menghabiskan malam di stasiun Daejong.

Pernah suatu saat, usaha Ayah Yesung mengalami masalah keuangan. Hal ini sempat membuat Yesung berpikir untuk mengurungkan niatnya untuk menjadi penyanyi. Ia pun dihadapkan pada 2 pilihan, menjadi penyanyi atau membantu keluarganya. Orangtuanya juga sudah meminta Yesung berhenti bermimpi jadi penyanyi. Namun, Yesung lalu berpikir, semuanya akan menjadi sia-sia kalau ia berhenti di tengah jalan, apalagi ia sudah bertahun-tahun latihan. Akhirnya, ia memohon pada orangtuanya untuk memberinya waktu berlatih sedikit lagi.Setelah 5 tahun menjalani trainee, Yesung jadi semakin dewasa. Setelah menjalani masa-masa sulit, akhirnya datang juga saat ia bisa debut sebagai anggota grup Boy Band Super Junior. Walau sangat pandai bernyanyi, Yesung punya kekurangan saat melakukan dance. Itu terkadang menjadi kendala bagi personel lainnya. Untungnya, anggota Super Junior lain cukup pengertian, sehingga enggak menjadikannya masalah besar. Mereka memahami dan menghargai usaha Yesung selama ini.

Yesung kuliah di Universitas Chungwoon. Ia mengambil jurusan music broadcasting. Bagaimana tanggapan salah satu dosen itu tentangnya?
Foto Yesung saat masih Remaja

No comments:

Post a Comment